Cara Menyetel Karburator Sepeda Motor
Cara setting
karburator adalah mengatur jumlah campuran udara dan bensin di dalam karburator
agar tercipta campuran yang ideal untuk pembakaran di dalam ruang bakar dengan
cara mengatur ketinggian jarum skep dan pembukaan saluran udara. Yaitu dengan
membuka atau mengendorkan sekrup penyetel udara.
Penyetelan ini bertujuan untuk
mendapatkan campuran udara dan bensin yang baik untuk dimasukkan ke dalam ruang
bakar dan dibakar agar menghasilkan tenaga yang maksimal. Sebaiknya penyetelan
atau setting karburator ini dilakukan setelah karburator dibersihkan terlebih
dahulu.
Langkah - langkah penyetelan :
1.
Hidupkan mesin sepeda
motor dan biarkan tetap menyala selama 5 sampai 10 menit untuk mendapatkan suhu
kerja mesin yang ideal sebelum anda melakukan penyetelan karburator. Hal ini
juga bertujuan agar oli dalam mesin sudah mengalir dan melumasi semua komponen
mesin terlebih dahulu.
2.
Putar baut penyetel
sekep atau penyetel rpm dengan arah mengencangkan baut penyetel tersebut. Pada
saat dilakukan pengencangan baut penyetel tersebut maka putaran mesin akan
semakin naik , hal ini ditandai dengan suara mesin yang semakin kencang
terdengar. Jangan mengencangkan sampai penuh atau naikkan putaran mesin
secukupnya saja.
3.
kemudian kencangkan baut
penyetel udara dengan cara memutar baut penyetel tersebut dengan arah
pengencangan. Penyetelan ini akan membuat mesin semakin turun RPM nya karena
saluran udara di karburator akan semakin tertutup. Kencangkan baut ini sampai
penuh dan perhatikan juga mesin jangan sampai mati . Jika mesin seperti mau
mati , maka naikkanlah RPM mesin sedikit saja dengan cara memutar kembali
baut penyetel sekep ke arah pengencangan. Lakukan pengencangan baut penyetel
udara ini sampai baut kencang atau saluran udara tertutup penuh.
4.
Langkah selanjutnya
adalah memutar baut penyetel udara ini ke arah sebaliknya yaitu ke arah
pengendoran baut.. Lakukan ini secara perlahan - lahan sambil mendengarkan suara
mesin akan semakin keras , yang menunjukkan putaran mesin naik. Perhatikan
suara mesin akan terus naik seiring dengan anda mengendorkan baut penyetel
udara tersebut. Tapi setelah rpm mesin naik terus , maka akan ada saat
dimana putaran mesin akan turun kembali , seiring dengan pengendoran baut
penyetelan udara tersebut.
5.
Jika anda mau menyetel
dengan setelan basah , maka lakukan penyetelan baut udara di saat suara mesin
paling kencang . Namun jika Anda mau melakukan penyetelan kering , lakukan sebelum
suara mesin mencapai putaran mesin paling keras.
6.
Setelah anda menentukan
penyetelan baut penyetelan udara dengan setelan basah atau kering. Maka
sekarang Anda harus memutar kembali baut penyetel sekep untuk mendapatkan
putaran langsam dari mesin sepeda motor Anda.
Cara Menyetel Karburator Motor Honda
Bagi yang ingin menyetel motor Honda bebeknya di rumah, berikut beberapa tipsnya :- Putar Air Screw (Stelan Angin) ke kanan (searah jarum jam) hingga mentok, pada kondisi ini mesin seakan-akan mau mati (RPM menjadi rendah)
- Putar kembali Air Screw ke kiri (berlawanan dengan jarum jam) kurang lebih 1,5 – 2 putaran
- Cari di antara posisi itu RPM (putaran mesin) tertinggi
- Setelah didapat putaran tertinggi, kemudian kecilkan RPM dengan memutar pilot Screw ke kiri hingga di dapat RPM 1300-1400 atau bila tidak menggunakan RPM meter bisa di cari pada RPM terendah di mana putaran mesin tidak terjadi pincang-pincang.
- Selesai
Kesulitan-kesulitan Dalam Setel Karburator :
- Apabila pada saat memutar air screw kemudian tiba-tiba mesin mati, maka putar sedikit pilot screw kenanan/perbesar RPMnya lalu nyalakan lg motornya dan lanjutkan langkah ke-3
- Apabila RPM motor susah stabil/tidak bisa stabil/pincang-pincang coba dianalisa pada :
- RPM kurang tinggi (batas minimal 1300RPM) bila dibawah itu tidak baik untuk keawetan mesin (artikel mengenai efek bila RPM mesin terlalu rendah menyusul)
- Oil seal yang berada di dalam air screw, mungkin rusak atau tidak ada sealnya. Apabila oil seal nya rusak/hilang, ganti dengan menggunakan oil seal yang sesuai dengan ukuran, atau bisa diakali dengan menggunakan karet seal yang berasal dari dalam karet korek api gas, caranya pecahkan korek apinya dan cari karet seal yang seukuran dengan oil seal air screw tadi dan gantikan. Oil seal ini berpengaruh sekali karena berfungsi mencegah kebocoran udara dari dalam saluran air screw menuju keluar.
review dari:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar